Dalam kehidupan kita,kesehatan sangat penting.
supaya kita dapat melakukan hal/kegiatan seperti biasanya.
nah... saya punya sedikit saran kesehatan yang insya allah bisa membantu..
tips/saran ini saya ambil dari http://bubbleblue.blogdetik.com/2013/03/13/tips-hidup-sehat-menurut-islam/
.....
Nah, siapa sih yang gak mau hidup sehat, ya nggak sob?? Tapi alangkah baiknya kalau kita hidup sehat menurut ajaran agama Islam. Mau tau tipsnya?? ini dia..
Apa saja 4 Tips Hidup Sehat Menurut Islam dalam artikel ini :
Tips hidup sehat yang pertama yaitu, hendaklah anda memelihara kebersihan diri dan lingkungan, lahir dan batin. Karena kebersihan merupakan bagian dari iman. Jadi, bagi orang yang mengaku dirinya beriman, tentunya ia akan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, baik lahir maupun batin. Bila seseorang memelihara kebersihan, niscaya dia memperoleh kesehatan dan terhindar dari sakit. Kebersihan diri setidaknya kita mandi minimal 2 kali sehari, gosok gigi minimal 2 kali sehari, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, dll. Sedangkan memelihara lingkungan, melalui pembersihan rumah dan kamar dari kotoran dan sampah, ventilasi rumah cukup memadai, membersihkan selokan dan kotoran yang ada di sekitar rumah, dll.
Tips hidup sehat dari segi makanan dan minuman. Hendaklah mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan thayyib (halal dan baik). Makanan dan minuman yang halal dan thayyib, dijamin akan kebaikan dan kesehatannya. Halal yang dimaksud adalah, halal baik dari kandungan makanan dan minuman tersebut, maupun halal dari cara memperolehnya. Thayyib, artinya makanan dan minuman tersebut baik dan tidak membahayakan tubuh manusia. Sesuatu yang halal belum tentu thayyib/baik. Contoh : beras mungkin hukumnya halal, tapi kalau dimakan saat masih belum dimasak, mungkin tidak baik untuk kesehatan. Air mentah dari keran, secara hukum halal, tapi belum tentu baik secara kesehatan, bila diminum saat belum dimasak. Hendaklah jangan makan dan minum secara berlebihan. Al-Quran menegaskan,makanlah, minumlah, dan janganlah kalian berlebih-lebihan. (Q.S. Al-Araaf : 31) Islam mengajarkan ummatnya agar menjadi orang yang tidak berlebihan dalam makanan dan minuman. Karena, makanan dan minuman yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Sehingga ada anjuran yang mengatakan,makanlah ketika lapar, berhentilah sebelum kenyang. Sabda Nabi SAW, Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan) (Muttafaq Alaih). Oleh karena itu, hendaklah kita menyediakan 3 ruang dalam tubuh. Dalam tubuh manusia ada 3 ruang untuk 3 hal: Sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air dan sepertiga lainnya untuk makanan.
Tips hidup sehat dari segi rohani, hendaklah senantiasa menjaga akal pikiran, jiwa dan hati dari hal-hal yang mengganggu ketenangan dan kedamaian. Adapun pengamalannya, hendaklah kita selalu menjaga agar menjadi manusia yang selalu husnudz-dzan, berprasangka baik, positif thinking baik kepada Allah SWT maupun kepada orang lain. Tuhan berfirman dalam hadits qudsi,Aku adalah tergantung persangkaan hamba-Ku, kepada-Ku. Maksudnya, bila kita baik sangka kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan kebaikan. Tapi, bila kita buruk sangka kepada Allah, bisa jadi Allah memberikan hal yang tidak baik, karena sesuai dengan sangkaan kita. Hendaklah kita juga mengurangi buruk sangka kepada orang lain, karena sebagian buruk sangka itu dosa. Tips agar selalu mendapatkan ketenangan dan ketentraman jiwa hendaklah kita banyak berdzikir, mengingat dan berdoa kepada Allah SWT ingatlah, bahwa dengan mengingat Allah, dapat menenangkan hati. (Q.S. Ar-Rad : 28) Dengan berdzikir niscaya dapat menenangkan jiwa. dzikir merupakan sarana yang dapat mencegah stress, kegelisahan,kecemasan, kegundahan, kegalauan dll. Banyak berdoa kepada Allah, berarti kita menggantungkan hidup dan tawakkal hanya kepada Allah SWT. Doa dapat menyehatkan mental dan pikiran. Seseorang yang rajin berdoa, niscaya cara berpikir, pola pikir, mindsetnya akan menjadi sehat pula.
Tips hidup sehat yang keempat yaitu dari segi pelaksanaan puasa. Hendaklah, menyempatkan diri untuk melaksanakan puasa sunnah. Seperti puasa Nabi Daud, sehari puasa sehari tidak. Atau Puasa senin-kamis. Atau Puasa tanggal 13, 14, 15 setiap bulan hijriyah. Atau puasa sunnah lainnya, yang dilakukan menurut kemampuan masing-masing. Nabi SAW bersabda, berpuasalah, niscaya kalian sehat. Konsep sehat dengan berpuasa, sudah banyak dibuktikan oleh dunia kedokteran secara ilmiah dan pernah dilakukan beberapa penelitian terhadap orang yang berpuasa, seperti yang dilakukan oleh para dokter di rumah sakit di Surabaya.

0 Responses to "KESEHATAN MENURUT AJARAN ISLAM"

Posting Komentar